KGSP's experiences part.2

안영하세요 여러분 ~~
Im back 😊

So let's get started...
Setelah pengumpulan dokumen beberapa hari kemudian kita akan dapat email dari universitas yang kita tuju bahwa mereka udah terima dokumen kita. Dan mereka akan menseleksi berkas tersebut. Dibawah ini jadwal seleksi beasiswa nya.

Setelah itu nanti mereka akan email kamu lagi yang berisi pengumuman apakah kamu lolos seleksi berkas atau tidak, dan jika kamu lolos mereka bakal kasih tau jadwal wawancara nya kapan. Waktu itu pihak Chonbuk nya memberi tahu bahwa wawancara nya itu akan berlangsung selama 3 hari dari 18-20 oktober. Dan tanggal 18 itu hari jumat yg mana harusnya aku kuliah tapi karna aku khawatir mereka bakal menghubungi pas aku dikelas jadilah aku bolos 😅 dan ternyata mereka emang telpon nya pas hari jumat. Pas mereka telpon itu jam 11 an pas aku mau tidur siang 😂  Untuk pertanyaan pas wawancara nya umum aja sebenarnya.

● why you choose korea and cbnu (a.k.a chonbuk) as a place for you to study?
● what do think about korea?
● how you can adapt in korea?
● this gonna be the first time you going abroad, how u can manage it?
● why you choose that departements?
● what your activity after graduated and what u do to improve your skill?
● how u can surface the differences between korea and your country?

Ya kurang lebih begitulah pertanyaan nya, Dan mostly yang mereka tanyain itu ada di personal statement sama study plan ku jadi aku tinggal jelasin secara lebih lagi. Dan ada satu pertanyaan terakhir yang kurang jelas dilafalin nya jadi aku bahkan minta pewawancara nya ngulang 3x dengan alasan sinyal kurang bagus 😅. Wawancara nya berlangsung sekitar 20 menit, dan yang mewawancara itu ramah dia juga nanya apakah ada informasi lain yang pengen aku tanyakan. Pas selesai wawancara aku langsung nangis dong 😩karena ngerasa aku gak optimal jawab pertanyaan mereka dan ada yang terbata bata gitu. Aku bahkan ragu bakalan lolos apa engga waktu itu. Waktu nunggu untuk pengumuman lagi itu aku udah kayak ngarep gak ngarep lagi, terus pas tanggal 21 oktober dapet email dari chonbuk bahwa aku lolos 1st round nya dan dokumen ku bakal diteruskan ke pihak NIIED nya. Dan aku surprise banget waktu itu gak nyangka bakal lolos.

Nah untuk pengumuman 2nd round nya itu tanggal 21 november jadi sekitar 1 bulan nunggu result nya, nunggu result ini deg degan parah sih karena kalau aku baca beberapa blog yang pernah apply kgsp kebanyakan itu gak lolos di 2nd round ini. Makin menjadi jadilah kepanikan aku kan Dan pas hari pengumuman itu web nya dari hp ku gabisa di akses tapi aku kira ya wajar mungkin crash kan tapi sampe hari sabtu masih crash gitu, aku langsung minta temenku cek web studyinkorea kan dan ternyata bisa *yang ternyata web hp ku eror 😐* temenku kirimin hasil nya via wa dan bilang kalau namaku ada dan aku langsung kayak orang ling lung gitu antara percaya dan engga. Nah untuk indonesia ada 8 orang yang lolos + 1 orang waitlist, dan waktu itu aku mikir kuota indonesia cuma 3 jadi aku khawatir gak lolos karena mereka juga orang yang hebat hebat, tapi tetap coba postive thinking. Setelah itu kita diminta untuk nyiapin passport (bagi yang belum ngirimin pas seleksi awal) dan medical check up. Untuk pembuatan passport kita daftar online dulu dan dapat nomor antrian, aku kan tinggal di ciledug, tangerang nah waktu nyari tempat imigrasi  untuk pembuatan passport itu slot untuk hari senin udah habis yang dekat tempat tinggalku,  ada nya itu yang jauh di serang. Aku ke serang makan waktu sekitar 3 jam naik motor 😷 (total  itu 6 jam bolak balik) perjuangan banget sih karena jauh banget dan bikin pegel mana pas pulang ujan deres banget. Tapi Beruntung dan Bersyukur banget ketemu staff yang tinggal deket rumah ku dan dia mau bantuin buat ambil passport ku jadi gak perlu ke serang lagi buat ambil passport.

Setelah passport beres aku harus medical check up dan waktu itu aku MCU di Rsud Tangsel dan makan biaya sekitar 350k tapi tes untuk hepatitis nya belum tersedia jadi harus tes hepatitis terpisah. Aku akhirnya tes hepatitis di Prodia bintaro dan biaya nya sekitar 300k yang mana itu mahal bangett!! Sekitar 3 hari hasilnya keluar dan passport aku juga udah beres jadi pas tanggal 4 aku kirim dokumen nya via email ke NIIED. Tapi dan tapi setelah kirim dokumen aku ragu karna hasil mcu ku itu bukan english dan langsung cari tahu kan karna di guideline itu mereka gak sebutin spesifik harus english jadi kukira ya gak perlu, tapi setelah dipikir lagi dan tanya sama beberapa awardee harus nya mcu nya itu english. Jadilah panik banget waktu itu karna udah sejauh itu tapi bisa gagal karena aku ceroboh. Nah akhirnya salah satu awadee (Stephani Chara) nyaranin aku buat kirim ulang versi english nya. Jadilah aku balik ke rs untuk minta english version nya, dan ku kirim ulang tanggal 10 desember 😑.

Dan nunggu pengumuman tanggal 9 january itu penuh dengan kekhawatiran karna accident salah kirim terus lagi Uas di kampus dan Banjir awal tahun makin makin bikin pusing. Pas tanggal 9 aku udah mulai buka web dari pagi tapi belum juga ada result nya. Hari itu aku pergi kerumah saudara ku dan karena pengumumannya belum keluar juga padahal sudah jam 3 sore, aku akhirnya ketiduran dan pas bangun itu grup KGSP internasional sama grup KGSP indo udah rame karena list nya udah keluar. Langsung deg degan banget kan dan pas liat itu ada namaku langsung lega bangetttt dan nangis again 😂. Akhirnya meskipun salah kirim aku berhasil lolos dan ngerasa worth it banget perjuangan ku selama ini mulai dari ngurus dokumen yang banyak banget dalam waktu singkat, bikin passport, mcu, salah kirim itu gak sia sia.
letter yang paling ditunggu ^^
*my major industrial and information system engineering 

Nah setelah itu masih ada yg harus kita urus lagi yaitu visa, untuk visa ini biaya nya di tanggung oleh pihak NIIED jadi kita cuma perlu bayar biaya test Tbc nya di Rs yang disetujui, untuk di jakarta itu di medistra sama jatinegara, serta biaya admin nya 196k. Aku waktu itu test nya di medistra dengan biaya 515k. Untuk Pengurusan visa itu bukan lagi di kedubes korsel tapi di KVAC yg terletak di Lotte shopping avenue. Lama pembuatan visa itu 7 hari setelah apply. Dan well done ~
Tinggal nunggu flight ticket nya dikirim sama pihak KLI (korean language institute).

Dan untuk yang lolos final result ini 8 orang indonesia lolos semua kecuali yang waitlist, terus jadi kenapa dari 3 org jadi 8 org? Nah jadi kuota total univ track ini 60 orang dari seluruh negara yang ada di list. Tapi ada beberapa negara yang kosong jadi kuota nya bisa bertambah ke negara yang lain.

See you soon in other story ~

Komentar

  1. Kaka ngampus dulu di indonesia kah sebelum daftar kgsp??

    Satu lagi kak pendaftaran kgsp nya itu tiap tahunn nya di bulan apa yahh??

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Aku nangis baca perjuangannya kakak:)) keren banget kak! Bismillah aku bisa nyusul ke sana juga, aamiinn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer