KGSP's experience part1

안영하세요 여러분 ~

So this is gonna be the first writing on my blog 🙆 yeaayy. Dan kali ini aku mau sharing tentang pengalamanku daftar dan berhasil lolos KGSP-U 2020 univ track. Gimana suka duka dan huru hara pas daftar beasiswa ini semua nya bakal terungkap 😅. Dan mungkin ini cerita nya agak panjang tapi penuh hikmah 😅 jadi bakal ada pt.1 dan pt.2 nya

Sejak SMP aku emang udah punya mimpi buat kuliah diluar negeri but i never expected it's gonna be Korea actually, karna yang ada di otak ku itu negara tujuan nya kalau gak di Amerika ya Eropa. Tapi pas SMA aku jadi lebih kayak realistis sama diri sendiri dan ya merasa itu terlalu jauh buatku jadi aku lebih fokusin diri buat masuk PTN atau PTK. Tapi apalah daya tahun 2017 aku ditolak IPDN & UNSRI. Jadilah gap year dan ikut bimbel STAN, terjadi lagi 2018 tertolak STAN & UI 😐. Diterima nya sbmptn pilihan ketiga di UIN Jakarta yang pas diterima aku jujur bingung karena itu bukan pilihan yang aku mau, karna masih belom relain STAN ceritan nya 2019 aku ikut tes lagi dan ya gagal lagi. Itu titik dimana mikir *harus ngapain lagi ya* karna salah satu alasanku daftar PTK seperti STAN sama IPDN karena ingin membantu meringankan beban keluarga supaya gak perlu bayar uang kuliahku. 

Pas masuk semester ke-3 awal september udah semakin goyah iman ku buat kuliah di UIN karena aku ngerasa bukan bidangku dan aku ngerasa kuliah tapi gak dapet ilmu. Dan kalau berlanjut masa depanku gimana gitu. Dan Akhirnyaaa dibuka juga beasiswa KGSP 2020, KGSP sendiri aku udah tau dari 2018 tapi karena kurang keberanian dan budget jadi aku gak daftar. Terus pas awal 2019 aku udah yakinin diri buat daftar KGSP dan nabung karena biaya untuk mengurus dokumen nya lumayan. Meskipun tau KGSP udah lama tapi aku bisa dibilang terlalu santai (yang tidak boleh ditiru) dalam persiapan dokumen nya karna aku baru nyiapin dokumen nya pas announcement nya keluar yang berarti waktu nya kurang lebih itu satu bulan buat dikirim. Disitu aku hectic bangetlah buat dokumen karena aku tinggalnya di ciledug dan SMA ku di Sumatera Selatan yang kalau mau minta ttd dan cap dari sekolah harus kirim lewat paket dulu jadi makan waktu lebih lama gitu. Pas awal mau daftar aku emang udah netapin hati *bahasanyaa* buat milih univ track karena menurutku peluang nya untuk aku keterima lebih besar dari pada di embassy, meskipun pas baca itu kuota univ track 3 orang dan embassy itu 5 orang. And finally i choose Chonbuk national university in Jeonju after a lot of consider.

Nah untuk raport dan ijazah aku translate sendiri dan minta ttd serta cap ke sekolah ku jadi gak perlu ke sworn translator atau notaris lagi, tapi kalian harus jujur jangan di ubah nilai nya karna kalian yang translate yaa. Untuk identitas ktp juga aku translate sendiri, kalian bisa cari contohnya di internet untuk format nya dan tinggal minta cap ke dukcapil. Dengan translate sendiri jadi hemat hehe😅 aku pakai sworn translator cuma buat piagam penghargaan sama KK karena waktunya mepet dan itupun beruntung ketemu sama sworn translator yang murah dengan tarif 30k per dokumen (namanya pak anang beberapa kayanya udah tau kalo baca blog awardee kgsp yang lain). Dan untuk recommendation letter nya guruku cuma ngasih gambaran kasar tentang isi suratnya dan mereka minta aku yang kembangin dari situ jadi nanti guruku tinggal tanda tangan aja. Untungnya sekolahku membantu banget dalam persiapan dokumen dll nya. Kalau untuk study plan dan personal statement aku bikin nya kurang lebih 3  hari, untuk referensi kalian bisa cari di google. Kalau aku nulisnya lebih kepada ngeyakinin mereka kenapa harus aku diantara yang daftar dengan nonjolin bakat kamu bidang apa terus gimana social life kamu, karena kamu bakal tinggal dinegara asing dengan teman yang beragam dan tempat baru. Jadi akademik menurutku bukan harga mati dalam daftar scholar keluar negeri tapi gimana kamu bersosialisasi juga sama sekeliling. Tapi penting banget buat jangan jiplak tulisan orang karena selain gak etis, tulisan yang kamu liat kan dipublikasikan nah bisa jadi orang lain pakai tulisan itu juga just be yourself karena dari situ bisa dilihat kemampuan kita dan nanti pas wawancara kalau ada pertanyaan menyangkut tulisan kamu maka kamu udah pasti bisa jawab. Semua dokumen ini dimuat dalam 1 amplop besar yang terdiri dari 1 amplop isi nya dokumen yang original dan 3 amplop dokumen copy.

Nah kalau kamu daftar nya via embassy kamu nanti kirim dokumen nya ke alamat embassy di jaksel. Kalau untuk univ track itu langsung ke univ tujuan nya dimana, nah untuk info lebih tentang univ nya itu ada pas mereka ngeluarin guidelines awal nya atau gak kamu bisa cari di web studyinkorea. Untuk kamu yang pengen daftar univ track itu penting banget buat nyiapin budget kirim paket nya karena kirim paket ke korea lumayan mahal, karena aku ngirim dokumennya mepet sekitar 4 atau 5 hari sebelum closing jadi aku milih yang paket kilat nya post dan dokumen nya itu beratnya lebih dari 1kg jadi lebih mahal lagi. Aku waktu itu jadi 500k an untuk biaya kirim nya via kantor post. Dan ternyata penutupannya diperpanjang hadehgg 😧 jadiin pembelajaran aja kalau kita emang harus prepare jauh jauh hari.

See you in pt.2 yaa ^^
Nanti kita bakal bahas dari wawancara sampai bikin visa 📕 bye bye

Komentar

  1. Berarti kak klo kita udah lulus part wawancara nya udah pasti keterima dpt scholarship nya ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Belum, masih ada seleksi 2nd round di NIIED kak

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hai kak, mau nanya nih, waktu itu kk sertain sertifikat/penghargaan apa aja ya? Terimakasih kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer