How's My Life in Busan, South Korea + Ramadhan

 Our first meet after quarantine   and campus tour day

Aku tiba di korea selatan tanggal 28 februari 2020 dan waktu sampe di Korea itu kasus Covid 19 lagi naik pesat dan bahkan beberapa temenku dari begara lain ada yang gabisa terbang ke Korea karena penerbangannya udah ditutup sama negara masing-masing. Im so glad that i can go at that time ><. And waktu penerbangan itu juga aku paling terakhir berangkat dari indo dan sendiri karna cuma aku yang ditempatin di BUFS anak indo nya. So nervous sebenernya karna penerbangan pertama ke luar sendirian 😶 but i made it.

Dan semenjak tiba di Korea kita langsung dikarantina di dorm selama 2 minggu lebih dikit^^ *sebenernya tergantung kebijakan masing-masing KLI nya karna ada temenku juga yang gak dikarantina. Seharus nya kalau ikutin schedule nya GKS awardee bakalan ada orientation dari pihak NIIED nya di Seoul tapi dicancel ㅠ.ㅠ gara-gara korona. Selama karantina sebenernya nothing special yang harus kasih tau jadi kita skip >>

Foto yang diatas itu pas hari pertama anak GKS di BUFS (Busan University of Foreign Studies) ketemu setelah karantina dan hari itu juga kita campus tour. Setelah karnatina kita ada orientation dari BUFS nya selama seminggu dan itu sekalian ngurusin beberapa berkas untuk data kampus dan Alien Card (ARC ini diperluin buat kalian yang tinggal dikorea lebih dari 3 bulan). Selain itu kita ada tes level gitu buat mengetahui kemampuan bahasa korea kita gimana untuk penempatan kelasnya. Next weeknya kita mulai kelas bahasanya tapi via online dan kelasnya itu Senin-Jumat dari jam 09.00-13.00 KST dan setiap 50 menit itu jeda 10 menit. Meskipun kelasnya online tapi ssaem nya itu seru dan baik banget jadi kelasnya gak se-membosankan itulah.

Harusnya minggu ke-2 april itu kelasnya udah online tapi diundur lagi karena keadaan yang kurang memungkinkan. Jadilah aku baru start offline class nya  11 may kemaren dan dikelas itu kita harus duduk dengan jarak 1 meter (ini beneran diukur ama staff nya pake meteran pas abis kelas 😅) terus pake masker dan handsanitizer plus sebelum masuk kelas kita harus check suhu badan. 

Source : bufs_gks (ig)

Foto ini pas hari pertama kelas dan as expected kelasnya lebih seru lagi dan padat lagi jadi setiap senin-rabu-jumat kelas kita dari jam 09.00-13.00 dan 14.00-16.00 kelas tambahan TOPIK. Kalau ngikutin jadwal dari awal kita itu punya banyak aktifitas diluar kelas kaya kelas kebudayaan, nonton, sport activity dan lain lain. Nah karna sekarang udah offline kegiatan-kegiatan diluar kelas nya juga udah mulai berjalan and for me its really fun. Dimana berada dilingkungan yang bikin kamu jadi suka belajar dan temen temen yang seru. Jumat kemaren kita ada kelas nonton dan sejarah Korea juga and kita nonton film i can speak, dan film ini juga beberapa bahasa nya bisa dimengerti dengan baik sama kita yang baru belajar bahasa Korea. *Btw nonton film ini masker aku ampe basah semua gara-gara nangis 😷. 

And how about my ramadhan in korea? 👧

Bersyukur banget sebenernya karna pas puasa tahun ini lagi spring bukan summer karna waktu nya gak lama banget dan cuaca nya masih sejuk sejuk gitu. And di Bufs tuh anak GKS nya ada 6 yang muslim jadi kerasa rame gitu puasanya kita juga bukber diresto halal deket kampus. Jujur banyak banget bersyukur nya sih karna dapet penempatan KLI di bufs karna deket sama masjid di Busan juga. Dari kampus ke masjid nya bisa naik bus atau jalan kaki itu sekitar 25 menitan (lebih sering jalan karna di Korea jalan kaki tuh enak 😅)

Dideket masjid nya juga ada 2 restoran halal yaitu restoran maroko sama restoran turki tapi ya harga nya lebih mahal pasti ketimbang restoran korea.

Dan semenjak tanggal 5 may dikorea itu beberapa tempat umum udah dibuka, jadi masjid nya juga udah bisa dipake buat buat kegiatan ibadah selama ramadhan. And Kalau kalian kesini bakalan kerasa indonesia atmosfer nya sih karna banyak orang indo dan beberapa pengurus nya juga orang indo +kertas kertas pengumuman di wall nya pake bahasa indo juga 😁.

Thats all for this time and i will try to write more ^^
Thank for take your time to read this 💜

Komentar

Postingan Populer